Resep Hidangan: Manisan Kolang Kaling

Selasa, 21 Januari 2014

Ya! Resep berikutnya, aku akan membuat manisan kolang kaling. Ide ini datang, karena kemarin aku dihidangkan manisan kolang kaling di rumah temanku. Enak... Kenapa tidak kubuat sendiri di rumah ya? Cara membuatnya cukup mudah kok...

Sedikit info tentang kolang kaling ya... kolang kaling dikenal juga dengan sebutan GLIBBERTJES dalam bahasa Belanda, kolang kaling dibuat dari buah pohon aren yang masih muda. Berwarna putih susu dan kenyal. Untuk tahu lebih jauh, coba kunjungi wikipedia yaa


Buah Aren


Kolang kaling sangat baik untuk mereka yang sedang melakukan diet penurunan berat badan. Kolang kaling mengandung karbohidrat dan tinggi serat yangDo yo baik untuk sistem pencernaan.

Kolang kaling yang baik, tidak berlendir, dan berwarna cerah dan mengkilat. Rasanya netral, tidak asam. Perhatikan setiap kali teman-teman, ingin membeli kolang kaling di pasar yaa... kesehatan keluarga no. 1

Ayo kita memasak Manisan Kolang Kaling!

Dalam memilih Kolang Kaling, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pilihkan Kolang Kaling yang masih berwarna bening, tidak berlendir, rasanya netral (tidak asam) dan tidak berbau.
Jika Kolang Kalingnya sudah tidak segar lagi, biasanya akan terlihat layu dan pada bagian pinggirnya, ada putih-putihnya. Jika dipencet akan terasa lembek dan bau asamnya kuat.

Untuk Manisan Kolang Kaling ini, pilihlah Kolang Kaling yang pipih, lebar dan tipis. Cuci Kolang Kaling dengan air bersih agar kotorannya hilang. Setelah itu, rendam Kolang Kaling dalam air bekas cucian beras untuk menghilangkan lendir dan aroma asamnya. 

Bahan - bahan:

  1. 1 kg Kolang Kaling
  2. 320-350 gr gula pasir
  3. 4 lembar daun pandan
  4. 1/2 sdm garam
  5. 6 lembar daun jeruk (buang tulangnya)
  6. 500ml air
  7. Pewarna makanan

Cara membuatnya:

  1.  Cuci Kolang Kaling dengan air bersih sebanyak 3 s/d 4 kali. Kemudian rendam dalam air cucian beras selama 30 menit, cuci lagi kemudian tiriskan.
  2. Tuangkan air mendidih ke dalam Kolang Kaling, tunggu beberapa saat kemudian rebus sampai mendidih, diamkan sebentar lalu tiriskan.
  3. Masak air, gula, garam, pandan, daun jeruk dan pewarna sampai mendidih. Masukkan Kolang Kaling rebus sampai mendidih, diamkan sebentar, dinginkan.
  4. Simpan manisan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas.
  5. Penyajiannya dapat digunakan tusuk sate.


Manisan Kolang Kaling



Nah, manisan Kolang Kalingnya sudah jadi.

Mudah kan? Ayo kita coba membuatnya!

Selamat mencoba....



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Lila's Kitchen Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino